Seminar Nasional Penerapan Psikologi Positif Pada Masyarakat Urban

21.55



Statistic Assistance Center (SAC) merupakan Unit Kegiatan Strategis non profit yang memiliki bidang kerja pengolahan data kuantitatif berbasis program statistik. Selain itu, SAC juga memiliki program kerja dalam bentuk kepedulian terhadap komunitas (Social Activity for Community/SAC) dengan pendekatan psikologi. Terdapat beberapa program kepedulian terhadap komunitas yang sudah dilakukan di antaranya adalah yang berkaitan dengan pemberian intervensi psikologis pada korban bencana. SAC juga memiliki fokus untuk untuk mengadakan seminar atau pun workshop bertema psikologi.
Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Psikologi Ubaya ke 35, SAC mengadakan Seminar Nasional dan Call for Paper Penerapan Psikologi Positif pada Masyarakat Urban pada tanggal 30 September 2017. Keynote speaker yang dihadirkan antara lain Prof. Dr. Jatie K. Pudjibudojo, Psikolog yang membawakan tema Peran Psikologi Positif dalam Solusi Masalah Lansia di Perkotaan, Dr. Hartanti, M.Si., Psikolog yang membawakan tema Penerapan Psikologi Positif pada Masyarakat Urban, serta Dr. L. Verina Halim Secapramana, M.M, Psikolog dengan tema Quality of Work Life: Penerapan Psikologi Positif di Dunia Kerja. Selain menghadirkan keynote speaker yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, juga terdapat peserta Simposium dan Rapid Paper.
Adapun tujuan dilaksanakannya seminar ini sendiri adalah selain untuk merayakan Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang ke-35, juga mewadahi kebutuhan akan publikasi bagi peneliti psikologi di Indonesia, serta untuk memberi edukasi mengenai penerapan psikologi positif pada masyarakat di perkotaan. Seminar Nasional ini menjadi lebih terasa istimewa karena Ketua Asosiasi Psikologi Positif Indonesia Dr. Nurlaila Efendi berkenan untuk membuka acara.


Writing Agent yang merupakan bidang pengabdian masyarakat SAC yang berfokus pada penulisan psikologi ilmiah ataupun popular juga menyemarakkan seminar nasional tersebut dengan meluncurkan beberapa buku barunya antara lain Kapita Selekta Psikologi Bencana Edisi Ketiga dan The Art of Being Happy. Writing agent memfasilitasi mahasiswa dalam penulisan buku, komik edukasi, dongeng, artikel populer dalam web ataupun media massa. Buku-buku yang ditulis dimanfaatkan untuk pemberdayaan komunitas atau kepentingan non profit lainnya.


Listyo Yuwanto

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts