Seminar Nasional Peran Ilmu Psikologi dalam Pengurangan Risiko Bencana

21.24



Pada kesempatan kali ini, tim SAC bekerjasama dengan Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali untuk melaksanakan seminar nasional dengan tema peran ilmu psikologi dalam pengurangan risiko bencana. Seminar ini diadakan di Kampus Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali pada 9 Agustus 2018. Seminar ini diadakan dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat Bali. Hal ini dikarenakan Bali termasuk salah satu pulau yang rawan bencana, namun jarang sekali adanya seminar ataupun pendidikan mengenai bencana yang diselenggarakan di sana.
      Kegiatan ini dibuka dengan penampilan tarian nan cantik khas Pulau Bali. Selanjutnya, dilakukan perkenalan jalur evakuasi di gedung dan sambutan yang dibawakan oleh Rektor IIK Medika Persada dan Wakil Dekan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya). Setelah itu, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh para pembicara (keynote speaker), yakni :
1. Dr. I Gusti Lanang Made Rudiartha, MHA, dengan materi pendidikan kebencanaan,
2. Dr. Setiasih, dengan materi keluarga siap bencana,
3. Dr. Nurlaila Effendy, dengan materi penerapan psikologi positif pada konteks bencana,
4. Listyo Yuwanto, M.Psi., dengan materi paradigma baru psychological first aid

Tepat pukul 12.00, setelah semua pembicara selesai membawakan materi, diadakan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan). Kejadian tak terduga pun terjadi, adanya gempa yang menguncang pulau Bali. Kegiatan seminar ini pun diberhentikan selama 15 menit dan kemudian dilanjutkan dengan sesi chamber. Sesi chamber adalah sesi dimana para pemakalah akan dibagi ke dalam beberapa kelas untuk mempresentasikan penelitian mereka. Para peserta seminar boleh memilih ingin masuk dan mendengarkan presentasi para pemakalah. Rangkaian kegiatan seminar ini ditutup setelah sesi chamber selesai.

Akhir kata, SAC mengucapkan terima kasih kepada para pembicara (keynote speaker), para pemakalah, para peserta seminar, para panitia, dan tentunya kepada Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali atas kesempatan yang diberikan.

Ayo siaga bencana !


Stefany Livia Prajogo

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ini ada hasil prosiding atau review/materi seminar tidak ya? Terimakasih

    BalasHapus

Popular Posts