Sharing Forum Research Write, and Fly dan Launching Buku Kapita Selekta Psikologi Bencana Edisi Kedua

22.25

Pada hari Kamis, 27 April 2017, Statistic Assistance Center Fakultas Psikologi Universitas Surabaya melaksanakan kegiatan Sharing Forum dan launching buku.
Pukul 11.30 kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Fatimah Mauladdawilah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dra. Sri Siuni Sugoto, M. Si, Ph. D, selaku perwakilan dari Dekanat Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi mahasiswa dan dosen yang aktif secara umum dan SAC secara khusus atas publikasi-publikasi yang selama ini telah dilaksanakan. Beliau juga meng-encourage  para peserta untuk tulis aktif dalam kegiatan publikasi.


Acara dilanjutkan dengan sesi sharing dan motivasi oleh Vanessa Khiat. Dalam sharingnya, Vanessa membagikan pengalaman pertamanya presentasi di Seminar Nasional. Ia mengaku bahwa pada saat pertama kali ia mendapatkan tawaran untuk ikut dalam kegiatan Seminar Nasional, ia cukup ragu. Namun, ia memberanikan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada saat presentasi, Vanessa merasa bahwa apa yang disampaikannya tak sebaik peserta lain yang rata-rata sudah menyelesaikan minimal S1, sedangkan ia sendiri belum menyelesaikan studi S1nya pada saat itu. Namun, di akhir sharingnya, Vanessa mengatakan, "Kalau ada kesempatan untuk presentasi, ambil aja. Meskipun menurut kalian, kalian tidak terlalu pandai bicara di depan umum, ataupun pendidikan kalian belum tinggi. Karena ketika kalian masih kuliah, kesempatan kalian untuk presentasi ke luar itu masih besar. Nanti kalau sudah lulus, kesempatan itu mengecil. Nggak usah dipikirin nanti presentasinya gimana. Itu dipikirin belakangan aja, yang penting nyoba dulu."


Pada sesi selanjutnya, Vivian Halim menyampaikan materi terkait meaning making. Vivian mendapatkan materi terkait meaning making sebagai metode coping tersebut dari presentasi professor Yiqun Gan di acara PIAD yang ke lima di Filipina. Meaning making efektif dibandingkan dengan metode coping yang lain karena efeknya cepat terlihat. Hal ini dikarenakan dengan meaning making, seseorang diarahkan untuk menerima dirinya sendiri dan menemukan makna dalam hisupnya serta menerima bahwa perubahan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari.


Acara shairng berakhir bersamaan dnegan sesi materi yang disampaikan oleh Vivian. Kemudian, acara launching buku dilakukan oleh Listyo Yuwanto, M. Psi, Psikolog selaku editor buku. Beliau menyampaikan bahwa selama ini SAC sering menerbitkan buku-buku bertemakan psikologi bencana, baik bencana alam maupun bencana manusia. Sebelum buku diberikan kepada penulis yang berkontribusi, Prof. Jatie K. Pudjibudojo memberikan sambutan selaku penulis kata pengantar. Prof Jatie menegaskan bahwa apa yang kita ucapkan akan hilang bersama angin, sedangkan apa yang tertulis akan mengabadi.

Setelah Prof. Jatie memberikan sambutan, pak Listyo menyerahkan buku secara simbolis kepada Fakultas Psikologi Universitas Suarabaya, Prof. Jatie, dan para penulis. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama para penulis, kemudian foto bersama seluruh peserta sharing forum.


Berikut adalah foto-foto sesi launching buku dan seso foto bersama:










You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts