Desain Psikologi, Dua Ilmu Yang Saling Berkaitan

13.10



Oleh:
Universitas Surabaya

Kebanyakan dari kita beranggapan ilmu psikologi dengan desainer sangat tidak berkaitan. Lembaga Statistic Assistant Center (SAC) Ubaya yang bergerak di bidang statistik dan disaster (kebencanaan), mengadakan Sharing Forum yabg bertema “Design Psychology” Pada Kamis, 24 Maret 2016 Pukul 11.45 WIB.

Forum diskusi yang diadakan digedung PD lantai 4.2 Fakultas Psikologi dihadiri sekitar 40 Mahasiswa dari berbagai fakultas. Acara dibuka dengan sambutan Listyo Yuwanto, s.Psi,M. Psi, Psikolog., selaku ketua panitia dan juga beliau menjelaskan secara singkat sejarah dan tujuan lembaga SAC dibentuk. Kemudian dilanjutkan dengan acara utama yaitu mengundang Gloria Priscilla Ali, selaku mahasiswa S2 Psikologi sains. Gloria menjelaskan berbagai hubungan ilmu psikologi dengan desain, yang pada umumnya terbagi menjadi 4 bagian, yaitu menentukan design. Dengan menguasai ilmu psikologi kita jadi lebih mudah memahami apa yang dikehendaki oleh para client sehingga memudahkan untuk menentukan design. Kemudian adalah membuat design, jika kita menguasai ilmu psikologi itu dapat memudahkan untuk menggali berbagai informasi kecil dari pelanggan sehingga mempermudah dalam pembuatan design. Selanjutnya adalah menentukan harga dan membuat persertujuan, yang berarti ilmu psikologi berguna untuk memahami client mengenai harga standart yang mereka inginkan. Dan sebagai seorang desainer juga harus tegas mengatur hak, kewajiban para clientnya, seperti menentukan waktu deadline pembuatan barang yang didesain. “Forum diskusi ini bertujuan untuk lebih membuka wawasan mahasiswa Ubaya bahwa kedua ilmu ini ternyata saling berkesinambungan,” ujar Gloria.

Gloria menjelaskan selama menekuni bidang desain tidak jarang juga menemukan client yang rewel dan banyak maunya. Menjelaskan berbagai proses desain dengan ramah dan rinci menjadi senjata mahasiswa manis ini ketika bertemu client seperti itu, ia juga menjelaskan teknik “Colour Wheel” yaitu salah satu teknik memadukan beberapa warna yang digambarkan dalam bentuk lingkaran (roda) yang terdiri dari tiga warna dasar, yaitu merah, biru dan kuning. Yang menghasilkan design eye catching sehingga akan jauh lebih mudah dipasarkan. “Menantang sekali, baru pertama kali saya tampil di forum diskusi sebesar ini. Saya berharap informasi yang saya sampaikan ini dapat berguna dan diterapkan oleh seluruh mahasiswa Ubaya yang menyukai desain,” tutup Gloria dengan ramah.(sr)

Sumber: http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1752/Desain-Psikologi--Dua-Ilmu-Yang-Saling-Berkaitan.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts