Sharing Forum Dan Launching Buku Kapita Selekta Psikologi Bencana

10.15

Sharing Forum dan Launching Buku Kapita Selekta Psikologi Bencana dalam Rangka Peringatan Dies Natalis Fakultas Psikologi Ubaya ke 33

Oleh:
Listyo Yuwanto
Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian masyarakat Laboratorium Psikologi Umum Universitas Surabaya bekerja sama dengan Statistic Assistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya selama tiga tahun terakhir yang terlibat dalam banyak kegiatan penanganan bencana di Indonesia seperti penanganan penyintas Erupsi Merapi, erupsi Gunung Kelud, Erupsi Gunung Raung, tanah longsor Banjarnegara, dan kekeringan Bojonegoro, maka program-program tersebut dapat dilanjutkan. Pertimbangan lain adalah Indonesia memiliki kerawanan yang tinggi berkaitan dengan terjadinya bencana sehingga dibutuhkan peran Fakultas Psikologi Universitas Surabaya terutama dalam bentuk pemberdayaan penyintas bencana.

Untuk dapat melanjutkan program tersebut, maka dibutuhkan sumber daya terutama yang melibatkan sinergi antara dosen dan mahasiswa. Agar mahasiswa dapat berperan secara optimal dalam penanganan bencana di bawah supervisi dosen, maka mahasiswa perlu mendapatkan pembekalan terlebih dahulu. Pembekalan tersebut meliputi pengenalan psikologi bencana, bentuk-bentuk penanganan psikologi dalam konteks bencana, jenis-jenis bencana, dan sharing peran Fakultas Psikologi dalam penanganan bencana di Indonesia.

Salah satu kekhasan dalam penanganan bencana yang dilakukan Laboratorium Psikologi Umum dan SAC adalah adanya karya hasil penelitian ataupun karya pemikiran dan reflektif dalam penanganan bencana. Dengan demikian memerlukan ketrampilan pengabdian masyarakat dan kemampuan meneliti, refleksi, dan olah kajian literatur atau pemikiran yang perlu dibekalkan kepada mahasiswa melalui sharing forum penanganan bencana dan menulis ilmiah ataupun popular dalam penanganan bencana pada tanggal 15 Oktober 2015 dengan narasumber Kristianto Batuadji, S. Psi, M. A, dan Cyntia Maria Poedjianto Adi, S. Psi.

Sharing forumini sekaligus launchingbuku kapita selekta psikologi bencana. Buku tersebut ditulis oleh civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang sebagian besar merupakan tim penanganan bencana Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dalam rangka Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Surabaya ke-33.

Sumber: http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1632/Sharing-Forum-dan-Launching-Buku-Kapita-Selekta-Psikologi-Bencana.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts