SAC Fakultas Psikologi Dampingi Guru IGTKI Cangkringan Sleman Menulis Dan Menerbitkan Buku Ajar

13.15



Oleh:
Listyo Yuwanto
Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Statistic Assistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Ubaya, Laboratorium Psikologi Umum Fakultas Psikologi Ubaya, ILS+ Community Responsibility Surabaya, dan IGTKI-PGRI Kecamatan Cangkringan Sleman mengadakan kerjasama dalam bentuk pendampingan penulisan buku ajar yang merupakan tindak lanjut dari pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, Alat Peraga Edukasi, Memanfaatkan Permainan Tradional untuk Pendidikan Karakter, dan Program Guru Desa Melek Komputer. Program-program tersebut berlangsung sejak tahun 2013 hingga tahun 2015. Sedangkan program pendampingan penulisan buku ajar sendiri dimulai awal tahun 2016.

Program pendampingan penulisan buku ajar diadakan berkaitan dengan adanya kebutuhan ketrampilan menulis buku ajar. Kebutuhan ini tidak terlepas dari adanya tuntutan guru desa untuk menulis buku ajar yang sesuai dengan bidangnya yang berdampak pada peningkatan kompetensi guru. Program pendampingan penulisan buku ajar terbagi menjadi tiga tahap a) inisiasi yaitu memotivasi guru IGTKI-PGRI Kecamatan Cangkringan Sleman menulis buku, b) aksi, menulis buku, c) eksekusi, yaitu mempublikasikan hasil tulisannya.

Terdapat lima buku yang berhasil diselesaikan dan diterbitkan dalam program pendampingan ini. Diantaranya buku Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Pesan Berantaikarya Ibu Dra. Dwi Pertiwi dari TK Tunas Harapan Cangkringan Sleman. Buku Pembelajaran Membaca Menggunakan Media Gambar karya Ibu Nyami, S. Pd, AUD dari TK Kuncup Mekar, Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Buku Cara Cepat Membaca Dengan Metode Iqro’ karya Ibu Purwantiningsih, S. Pd. AUD dari TK ABA Cancangan, Cangkringan, Sleman. Buku Pembelajaran Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting karya Ibu Sri Lestari, S.Pd dari TK Citra Sakti 1 Cangkringan, Sleman. Buku Menumbuhkan Minat Baca Anak Menggunakan Metode Permainan Kartu Kata karya Ibu Jarmilahatun, S.Pd. AUDdari TK Aisyiyah Busthanul Athfal Jetis, Cangkringan, Sleman. Buku-buku tersebut telah dilaunching pada tanggal 30 April 2016 di Balai Desa Kepuharjo Cangkringan, Sleman.

Pada sesi launchingbuku setiap penulis menyampaikan kesan dalam proses penulisan dan penerbitan buku pertama mereka. Setiap penulis juga memotivasi rekan-rekan guru yang belum menulis buku untuk mencoba memulai menulis buku. Banyak hal yang dapat diperoleh dari program pendampingan ini. Pertama, jangan minder dan ragu untuk menuliskan ide yang dimiliki. Dari satu kata dapat menjadi satu kalimat, paragraf, bab, dan buku. Kedua, melalui buku yang ditulis dapat menjadi sarana berbagi pemikiran atau pengetahuan karena ditulis berdasarkan pada pengalaman sebagai pengajar sehingga dapat dimanfaatkan pembaca. Ketiga melalui menulis buku juga menjadi sarana untuk pengembangan profesi guru yang dijalani. Di akhir sesi Ibu Purwantingsih selaku ketua IGTKI Cangkringan Sleman menyatakan bahwa guru desa juga mampu menulis buku ajar dan membuktikan bahwa meskipun guru desa namun memiliki prestasi kota.

Sumber: http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1774/SAC-Fakultas-Psikologi-Dampingi-Guru-IGTKI-Cangkringan-Sleman-Menulis-dan-Menerbitkan-Buku-Ajar.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts